5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Depresi

Home / Gaya Hidup / 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Depresi
5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Depresi Ilustrasi Depresi. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANTEN, JAKARTA – Hidup memang tak luput dari berbagai tekanan yang bisa membuat seseorang depresi. Jika dibiarkan berlarut-larut, depresi bisa berdampak buruk untuk kehidupan seseorang. Bahkan, depresi bisa menjadi salah satu pemicu bunuh diri.

Berikut ini 5 hal yang harus Anda lakukan saat depresi, seperti dilansir dari Cosmopolitan.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Memberikan waktu untuk diri sendiri sangat penting. Saat memiliki waktu sendiri keluarkan semua rasa yang ada dalam diri Anda. Saat "menyendiri" ini sebaiknya hindari media sosial untuk sementara, yang justru mengundang rasa depresi semakin muncul.

Anda bisa melakukan hobi yang selama ini sempat tertunda karena kerjaan yang menumpuk. Anda bisa masak makanan favorit, karaoke, mengunjungi pameran seni, dan hal lain yang menyenangkan.

2. Menyadari kalau kamu tidak hidup sendiri

Jangan pernah merasa hidup sendirian di dunia ini. Selain teman, masih ada keluarga yang tentunya sangat suportif. Anda bisa ceritakan masalah yang selama ini membebani hidup. Ceritakan dengan teman yang sudah Anda percaya, entah itu teman atau keluarga. Anda harus mengeluarkan semua pikiran negatif yang hanya dipendam sendiri.

3. Lakukan olahraga

Olahraga selain membuat tubuh lebih sehat juga bisa membuat pikiran lebih rileks. Jika tak ingin melakukan olahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, renang, atau pun lari. Selain itu, aktivitas yoga juga sangat baik untuk mengontrol pikiran.

4. Konsumsi makanan yang dapat mengurangi depresi

Makanan sangat berpengaruh terhadap peningkatan rasa stres atau depresi. Kalau Anda selalu memilih bahan makanan secara asal-asalan, hasilnya daya tahan tubuh kamu jadi enggak stabil dan semakin membuat Anda merasa depresi.

Beberapa makanan yang disarankan untuk meredakan strea antara lain dark chocolate, salmon, sayuran hijau, yoghurt, dan kacang-kacangan.

5. Berkonsultasi dengan ahli

Jika merasa semua hal yang sudah Anda lakukan tak ada perubahan, saatnya untuk berkonsultasi dengan ahli. Cari jasa psikologi yang sudah profesional untuk berkonsultasi agar depresi yang Anda alami segera bisa diatasi dengan tepat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com