Tips Agar Tidak Cepat Lelah saat Olahraga

Home / Gaya Hidup / Tips Agar Tidak Cepat Lelah saat Olahraga
Tips Agar Tidak Cepat Lelah saat Olahraga Ilustrasi Olahraga. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANTEN, JAKARTA – Olahraga idealnya dilakukan minimal 30 menit. Namun, tidak semua orang kuat melakukan olahraga hingga 30 menit. Hal ini sering dialami orang yang jarang olahraga. Bagaimana kiat supaya tetap kuat selama olahraga? Berikut tips agar tidak cepat lelah saat olahraga.

1. Dengarkan tubuh Anda

Tidak masalah jika Anda ingin berlatih lebih keras dan mendorong diri Anda untuk terus olahraga. Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan. Namun ingat, tubuh juga perlu istirahat.

Jika memang Anda sudah merasa sangat lelah, hal yang Anda butuhkan adalah istirahat yang sepadan dengan latihan yang sebelumnya dilakukan. Jangan memaksakan tubuh tetap berolahraga. Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah akan semakin loyo.

2. Tingkatkan intensitas dengan perlahan

Agar tidak cepat lelah saat olahraga, Anda perlu meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Anda dapat memulai latihan dengan interval yang pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang.  Anda juga bisa melakukan jenis latihan lain seperti burpees, squat, atau bahkan push up.

Anda juga bisa menambahkan repetisi ke dalam latihan Anda. Jika memang sudah terbiasa, Anda akan sanggup dan tidak akan merasa lelah saat olahraga.

3. Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga

Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar tidak cepat lelah saat olahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan Anda dan tak perlu memaksakan diri.

Namun, lagi-lagi Anda harus menambahkan durasi tersebut perlahan. Kunci untuk meningkatkan stamina adalah frekuensi dan durasi olahraga yang anda lakukan. Pastikan Anda tidak hanya akan melakukan olahraga sekali dalam seminggu.

4. Cobalah beberapa jenis olahraga

Mengganti atau melakukan latihan yang tidak itu-itu saja penting untuk membangun daya tahan tubuh dan stamina Anda. Ini juga bisa dilakukan agar tidak cepat lelah saat olahraga. Tubuh Anda akan terbiasa dengan olahraga yang Anda lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan beberapa olahraga lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com